Monday, March 10, 2014

Apa itu RTGS?

Do you want to share?

Do you like this story?

Apa itu RTGS? RTGS atau Real Time Gross Settlement adalah sistem transfer dana elektronik yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan real time atau dalam waktu seketika.RTGS ini berperan penting dalam pemrosesan aktivitas transaksi pembayaran, khususnya untuk memproses transaksi pembayaran yang termasuk High Value Payment System (HVPS) atau transaksi bernilai besar yaitu transaksi Rp.100 juta ke atas dan bersifat segera (urgent).

Untuk biayanya, rata-rata bank membebankan tarif sebesar 25.000 via teller dan 17.500 (bank sinarmas) via internet banking untuk singel credit (biaya yang dikenakan untuk  pengiriman  satu  kali  transaksi). Sebenarnya Bank Indonesia sudah menetapkan biaya RTGS lebih murah dari tarif di atas. Tapi bank juga tidak mau rugi, karena jasa bank proses RTGS ini bisa berjalan, maka bank mengambil fee base income (FBI) dari proses tarnsaksi tersebut.

Oleh BI (Bank Indonesia) menetapkan biaya transaksi RTGS yang biasa disebut sistem BI-RTGS ini secara seragam. Biaya ini dibebankan kepada seluruh peserta bank Sistem BI-RTGS sebagaimana tabel di bawah ini:​

Jenis Biaya Transaksi
Biaya per Transaksi (Rp)
a
Biaya Transaksi Single Credit
 
 
 1. Pukul 06.30-15.00 WIB
7.000
 
 2. Pukul 15.01-Cut off time
15.000
 
 
 
b
Biaya Transaksi Multiple Credit
 
 
 1. Pukul 06.30-15.00 WIB
35.000
 
 2. Pukul 15.01-Cut off time
50.000
 
 
 
  sumber: bi.go.id
Biaya Transaksi Multiple Credit adalah biaya yang dikenakan untuk pengiriman transaksi yang bersifat bundel untuk dua transaksi atau lebih sampai dengan sepuluh transaksi.

Menurut BI (Bank Indonesia) biaya pengiriman transaksi dibedakan berdasarkan periode pagi hari dan sore. Kebijakan pembedaan ini bertujuan untuk mendorong peserta agar mengirimkan transaksi lebih awal sehingga distribusi pengiriman transaksi dapat terjaga dengan baik sepanjang jam operasional RTGS. Selain biaya tersebut, Bank Indonesia dapat pula mengenakan biaya atas pengiriman administrative message, penggunaan Guest Bank dan biaya lainnya.

Sistem BI-RTGS memberikan banyak manfaat, selain berfungsi meningkatkan kepastian penyelesaian akhir (settlement finality) setiap transaksi pembayaran, yang berarti mengurangi risiko penyelesaian akhir (minimizing settlement risk) , BI RTGS juga menjadi sarana transfer dana antar-bank yang praktis, cepat, efisien, aman dan handal. Disamping itu BI-RTGS yang dilengkapi dengan mekanisme sentralisasi rekening giro menjadi sarana yang dapat diandalkan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan dana (management fund) baik bagi peserta maupun pihak otoritas moneter dan perbankan. Bagi otoritas informasi mengenai pengelolaan dana perbankan menjadi informasi pendukung dalam menjalankan kegiatan operasi moneter dan early warning system pengawasan bank.

BI-RTGS didisain untuk memastikan penyelesaian akhir dapat dilakukan secara gross settlement, real time, final dan irrevocable. Penyelesaian transaksi BI RTGS dilakukan per transaksi secara seketika dan tidak dapat dibatalkan. Penyelesaian real time terbatas pada proses pengiriman transaksi dari peserta pengirim kepada Bank Indonesia untuk diteruskan kepada peserta penerima. Sementara itu waktu penyelesaian akhir transaksi transfer nasabah pada rekeningnya tergantung dengan kondisi dan standar sistem pemrosesan pengiriman dan penerimaan transaksi di internal peserta, sehingga dapat saja terjadi perbedaan waktu antara penyelesaian akhir pada BI-RTGS dengan penerimaan transfer dana pada rekening nasabah.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements