Monday, February 24, 2014

12 Powerfull Tips to Fire Up Your Motivation

Do you want to share?

Do you like this story?

1. Jadilah Coca - cola yang Berharga Mahal
Satu botol coca cola  itu isinya sama, botolnya sama, kandunganya juga sama antara satu dengan lainya. Tapi coca cola itu ada yang ditempatkan di warung dengan harga 1000. Ada lagi yang dijual di supermarket dengan harga 1.500. Di jual di tempat wisata 5.000. Dan ada juga yang di jual di hotel berbintang 5 dengan harga 20.000 rupiah.

Sama dengan kita sebagai manusia. Kita tidak bisa memilih akan dilahirkan di keluarga dan lingkungan seperti apa. Ada yang dilahirkan sebagai orang kaya, orang miskin. Dilahirkan di lingkungan yang mendukung untuk kita sukses, atau bahkan sebaliknya

Manusia memang tidak bisa memilih. We can't choose where we're born. Tapi manusia bisa merubah kehidupan menjadi lebih baik. Dan mendapatkan tempat yang baik pula.
Dimana kita menempatkan diri, di situ kita mempunyai nilai yang berbeda-beda. Jika kita ingin menciptakan nilai atau harga kita maka sesuaikanlah tempatnya, dengan siapa kita berkumpul. Itulah yang menentukan harga kita.

2. Menangkap Kupu - kupu
Untuk menangkap kupu-kupu ada seseorang yang menangkapnya dengan cara berburu ke kebun bunga dan menangkap satu persatu kupu-kupu. Chasing the butterfly 1 by 1. Tapi Ada pula orang yang menangkap kupu-kupu dengan cara membuat taman bunga. Memulai dengan menanam beberapa bunga sehingga akhirnya tumbuh besar dan banyak. Saat bunga itu muncul maka kupu-kupu itu akan datang ke kebun bunga itu dengan sendirinya. Make a garden, make an effort.

Cara yang kedua itu tentu saja membutuhkan waktu dan pengorbanan lebih. Diawal menanam bunga orang yang memilih  cara ke dua itu tidak mendapatkan hasil apapun. Tapi setelah bunyanya tumbuh dan berbunga maka kupu-kupu itu dengan sendirinya akan datang sendiri

Sama seperti kehidupan manusia. Tinggal kita yang menentikan cara mana yang akan kita pilih.

3. Action Create Motion
Ada orang yang bekerja tergantung pada mood atau suasana hati. kalau moodnya baik dia bekerja kalau tidak baik dia menunggu sampai moodnya membaik.

If you're not in the mood to do something... just take the firs step!!

Jika Anda bekerja menunggu mood Anda baik maka kita tidak akan bisa bekerja dengan baik. Maka ketika mood Anda tidak baik berproseslah. Tetap keejakanlah sehingga mood itu akan muncul saat kita berproses.

4. Ungkapkan/ Ceritakan Cita - cita Anda
Kalau punya cita-cita jangan hanya dipendam dalam hati. Karena kemungkinan terwujudnya akan susah. Karena kita biasanya lupa dan tidak ada yang mengingatkan kita. Sebaliknya jika kita share atau ceritakan ke orang lain. Maka orang itu akan mengingatkan kita, menghina kita jika itu tidak terwujud. Sehingga itu akan memacu kita untuk mewujudkan cita-cita itu

Semakin banyak kita share semakin banyak yang mengingatkan. Semakin dekat kita dengan cita-cita itu

5. Kesuksesan Itu 1 Langkah di Depan Kita
Kesuksesan itu adalah satu langkah di depan kita. Jadi jika ada begitu banyak halangan di depan kita. Biasanya kita akan berjuang untuk melewatinya. Saat rintangan itu tinggal 1 lagi kebanyakan orang itu akan menyerah padahal satu langkah lagi itu adalah pintu kesuksesan

Maka janganlah pernah menyerah. jangan mau menyerah. Karena setelah sekian banyak rintangan, bisa jadi pintu kesuksesan itu tinggal selangkah lagi d depan kita.

6. Fokus pada Kemampuan Bukan Masalah
Ada seorang anak yang setiap pagi membawakan tas ayahnya ke bandara. Isinya sama. Beratnya sama. Tapi suatu pagi anak tersebut membawakan tas ayahnya ada sesuatu yang berbeda. Tas itu semakin lama semakin ringan

Anak itu bertanya kepada ayahnya. "Ayah kenapa tas ini makin lama terasa makin ringan. Apakah isinya berkurang?"

Ayahnya pun menjawab, "Tidak nak, tasnya sama, isinya juga sama, beratnya sama. Tapi kamu semakin tumbuh besar dan kuat sehingga tas ayah menjadi semakin ringan."

Di kehidupan sehari - hari. Masalah yang besar akan terasa kecil. Begitu sebaliknya. Kita bisa tentukan apakah kemampuan kita bisa lebih besar dari masalah kita.
Maka tugas kita hanyalah fokus pada kemampuan kita bukan masalah. Jika kemampuan kita besar maka semua masalah akan terasa kecil.

7. Bekerja Sama dengan Orang yang Tepat
Kita tidak mungkin hebat dalam segala hal. Dalam hal - hal tertentu kita lemah. Dan dalam hal - hal tertentu lainya kita kuat. Untuk itu kita perlu bekerja sama dengan orang lain. Orang yang tepat yang mampu menutupi kekurangan kita. Maka pikirkan secara kreatif. Kita bisa melakukan pendekatan dengan orang yang dapat membatu. kita bisa ketemu orang yang dapat membawa kesuksesan pada kita. bagaimana secara kreatif kita bisa birsinergi dengan orang itu.

Karena apapun yang kita tidak tahu orang lain sudah tahu

8. Pengen Miskin Aja Susah
Ada orang tertentu yg hudupnya pas pasan. Terus tiba - tiba dia dapat warisan kemudian menjadi kaya. Karena gaya hidup akhirnya dia miskin lagi. Ada juga seseorang udah punya banyak uang tapi dia sumbangkan semua kekayaanya sampai dia tidak punya apa - apa lagi. tapi tiba - tiba dia mendapatkan tawaran kerja sama dari banyak pihak. Akhirnya tetep saja jadu kaya lagi.

Pilih mana? Jadi orang yang pengen kaya tapi tetep saja miskin. Atau jadi orang yang pengen miskin tapi tetep saja kaya.

9. Change and Action!
Jika pola kita, tindakan kita tiap hari, tiap bulan A, maka hasilnya juga A. Tapi jika kita ingin menghasilkan sesuatu yang lebih baik, katakanlah B. Dan tindakan kita tetep A. Itu tidak akan terjadi.

Kalau kita pengen hasil B makan kita harus merubah tindakan kita menjadi B. Change bukan sekadar keinginan tapi action kita, tindakan kita.

10. Hidup Adalah Sebuah Pilihan
Hidup itu seperrti foodcourt. kita bisa bebas pilih menu makanan yang kita suka. Mau jadi dokter pilot. Mau jadi wirausaha atau investor silahkan. Ada kalanya orang pergi ke foodcort memilih menu makanan yang selalu berbeda setiap hari. Tapi ada juga orang pergi ke foodcort pilih menu yang sama.

Siapa bilang g boleh memilih. Hidup adalah sebuah pilihan. Terserah Anda

11. Set Goal!
Ada seseorang yang pulang dari kantor selalu bareng temen. Entah temanya mampir dulu kemana, lewat mana dia ikut. Tapi suatu hari tiba - tiba temanya itu harus ke rumah sakit menemui istrinya yang lagi sakit.

Akhirnya dia pulang sendiri ke rumah. Dia terbayang istrinya takut kalau sakit juga seperti istri temanya itu. Dia lewat jalanya sendiri yang terdekat dengan rumah. Dia berusaha mencari jalan yang tercepat. Setelah tiba di rumah istrinya kaget. Kaget karena pulangnya jauh lebih awal dari biasanya.
Dalam kehidupan sehari - hari kalau kita santai, mengikuti tujuan orang lain. Maka kita bisa lebih lama untuk mencapai tujuan kita. Tapi jika kita sudah menentukan tujuan kita dan tidak santai lagi karena golnya jelas. Maka tujuan itu akan bisa kita capai lebih cepat.

 Mari kita set goal kita. Supaya kita bisa lebih cepat sampai dan menghemat waktu kita. Dan kita bisa santa menikmati gol kita dikemudian hari.

12. Keluar dari Zona Nyaman
Ada tipe orang yang susah berubah bahkan marah kalau di suruh berubah. Tipe kedua mau mencoba berubah. bisa mengatasi hambatan mental tapi tidak bisa menghadapi kendala fisik. Yang ke 2 ini termasuk mau berubah tapi tidak sungguh2 berubah.

Tipe yang ke 3. Orang ini mau berubah. Dia tahu kalau pengen maju dia harus berubah maka dia berusaha, bekerja keras, dan rela menderita untuk tetap sungguh menanggung risiko karena dia berubah.

Ada sebuah rumus, kalau pengen maju maka kita harus berubah dan keluar dari zona nyaman. Kalau mau maju siap - siap awalnya tidak nyaman. Kalau mau nyaman maka siap - siap tidak akan menjadi maju. Itu. Sekian semiga bermanfaat.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements