Tuesday, February 25, 2014

Perbedaan Sales dan Marketing

Do you want to share?

Do you like this story?

Sales and Marketing
Are you a marketer or a seles?
Apa perbedaan sales dan marketing?


Marketing
Marketing is about: identifying needs, market research, creating product, brand image, distribution, pricing, promotion, and customer care.

Jadi, biasanya yang dilakukan oleh seorang marketer adalah identifikasi terhadap kebutuhan dan keinginan orang banyak. Menentukan dan menciptakan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

Selain itu marketing harus menentukan kategori pengguna produk atau jasa tersebut. Menentukan cara distribusi, cara mengkomunikasikan, dan nilai ekonominya. Marketer juga harus menciptakan transaksi penjualan dan memastikan produk memberikan benefit kepada pengguna

Sales
Sales is about: prospecting, identifying potential prospect, identifying prospect's needs, recommending solution, advocating product, selling benefit, handling objection, closing sales, and creating customer satisfaction.

Kalau sales, dia lebih fokus melakukan identifikasi terhadap calon prospek yang potensial. Dia juga melakukan identifikasi terhadap kebutuhan prospek. Menentukan solusi yang tepat untuk prospek. Menentukan cara mengkomunikasikan peoduk sebagai solusi. Termasuk didalamnya mengekspose manfaat dan nilai dari produk sebagai solusi utama yang harus dipilih oleh prospek

Selain itu sales juga harus bisa mengatasi objection (keberatan) dari prospek terhadap produk. Menciptakan transaksi penjualan untuk solusi. Memastikan pengguna mengakui manfaat. Serta memberikan after sales service untuk mendapatkan repetitive sales.

Perbedaan Sales dan Marketing dari Segi Concept, Method, Production, dan Strong Point
Secara concept seorang marketing lebih product centric. Artinya dia lebih fokus pada produknya dari pada customer. Sedangkan kalau sales sebaliknya dia akan lebih fokus pada customer (customer oriented). Sales akan berfikir kira - kira customernya itu butuh apa dan siapakah customernya itu.

Dari segi method atau metode bekerjanya marketing lebih ke one to many. Sedangkan sales one to one. Sejalan dengan itu marketing juga lebih massive (masal) dalam hal production. Sedang sales lebih ke personalize (pribadi)

Untuk Strong pointnya, marketing akan berorientasi pada product value atau nilai produk. Sedangkan sales lebih membangun relationship value atau nilai dari sebuah hubungan

Demikian uraian kami tentang perbedaan marketing dan sales. Seomoga jelas dan bermanfaat.

So......
What are you?
What should you be?

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

aplikasi android said...

terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat.. sejujurnya selama ini saya pikir sales dan marketing itu sama, ternyata berbeda.. terimakasih telah membantu pembaca untuk menambah wawasannya..
silahkan mampir ke website saya juga yaa di Aplikasi Administrasi

Post a Comment

Advertisements

Advertisements